Sunday, August 31, 2008

Zombie itu ada gak sih?

Haloo!!


Hai semua ^^, tau gak disamping tuh gambar apaan? Yup!!.. tepat sekali itu adalah zombie, tapi ini zombie boong-boongan yang cuma ada di game game semacam resident evil, silent hill, dll.

Ok, kali ini gw akan bahas tentang... "Zombie itu ada gak sih?"
Jawabannya... "ADA". Zombie ini sebenernya berasal dan muncul di pulau Haiti di Karibia. Mereka itu sebenernya adalah orang-orang yang nyaris mati, tapi dimanfaatkan oleh para pendeta/dukun voodoo. Biasanya para zombie ini digunakan sebagai budak. Mereka ini sama kaya manusia, bisa bergerak, makan, mendengar dan berbicara, tetapi yang berbeda adalah mereka tidak memiliki ingatan atau wawasan tentang diri kondisi mereka sendiri.

Awal kemunculan zombie adalah pada tahun 1962 di Haiti. Dimana seorang pria bernama Clairivius Narcisse dijual kepada salah satu dukun voodoo oleh saudara laki-lakinya, karena Clairivius menolak menjual warisannya yang berupa tanah keluarga. Clairivius dibuat meninggal dan dikuburkan, namun kondisinya tidak benar-benar mati, namun dia dijadikan zombie dan dipekerjakan di perkebunan tebu bersama zombie pekerja lainnya.




gini nih zombie yang asli :), sama kaya manusia biasa kan?




Dr. Wade Davis, seorang ahli etnobiologi dari harvard, memutuskan untuk pergi ke Haiti untuk mencari tahu kebenaran tentang cerita itu, dan ketika tiba disana, ia benar-benar bertemu dengan beberapa dukun voodoo yang memraktekkan cara pembuatan zombie.

Cara pembuatan zombie adalah buatlah mereka "mati" dan buatlah mereka "gila", sehingga pikiran mereka dapat ditundukkan. Cara membuat mati tidak seperti ditusuk pake piso atau di kasih celurit, tapi dengan cara diracuni dengan campuran kulit katak yang biasa disebut "bufo bufo bufo" dan ikan puffer. Campuran ini biasanya dicampurkan dengan makanan atau bisa dengan dioleskan ke kulit. Kemudian setelah beberapa menit, korban akan terlihat seperti "mati", sehingga keluarga atau temannya akan mengira kalau ia benar-benar mati. Hanya dukun voodoo saja yang tahu kondisi dia sesungguhnya.

Cara membuatnya gila adalah dengan memaksa mereka makan pasta yang terbuat dari datura (rumput jimsons). Karena datura ini sifatnya adalah memutus hubungan pikiran dengan realita dan kemudian menghancurkan seluruh ingatan yang ada. Setelah mengonsumsi ini, mereka akan kebingungan, tidak punya ingatan, tidak tahu dimana ia berada, tidak tahu kondisi dirinya sendiri, bahkan dirinya sendiri ia tidak tahu.

Nah setelah melakukan 2 tahap tersebut, zombie telah siap dipakai, dan sudah bisa dijadikan budak. Mereka akan diberi datura kembali jika terlihat perasaan mereka sudah sembuh.

Jadi intinya, zombie yang asli bukanlah yang kalian lihat di film-film atau di game-game yang bisa menyerang manusia, itu salah. Zombie yang asli itu adalah manusia yang nyaris "mati" dan dijadikan budak dengan sihir hitam.

2 comments:

Anonymous said...

Aaaaaaaaaaaa

seram sekali!!!!!!
walau manusia setengah mati, tetep aja bikin takut!!

btw, zombie butuh makan juga dong? dia galak gga?

Melinda Rachman said...

baru tau gue. gila kasian, kalo sampe sekarang masih ada, gila aja tuh dukunnya. modern dong meeeen haha